Tuesday 6 September 2016

Fasilitas Umum Untuk Kaum Difabel



Wahh sudah lama juga tak menulis untuk blog ini.Waktu banyak tersita mengurus ibunda yang sehabis Lebaran kemarin ( Juli 2016 ) terkena stroke,sampai harus rawat inap dua kali.Saat saya menulis ini,ibunda tercinta masih menjalani terapi di RS.

Kalau sebelum beliau stroke,ibunda masih bisa jalan walau untuk jalan jauh harus memakai kursi roda.Tapi sekarang berasa ya ( sejak ibunda stroke dan geraknya makin terbatas )  fasilitas umum untuk kaum difabel agak kurang terperhatikan di Indonesia khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Saya membayangkan,coba kereta commuter Jabodetabek sarana umum di setiap stasiunnya untuk kaum difabel diperhatikan,saya akan lebih nyaman membawa ibunda berobat di Jakarta naik commuter.Ga perlu bermacet-macet nyetir mobil.
Foto Sumber : Google

Berkaca ke negara tetangga Singapura,kaum difabel mau naik kereta juga nyaman.Ada lift di setiap stasiun selain eskalator.Jalanan khusus juga disediakan,bahkan bus umum juga ramah terhadap para penyandang difabel.Memang beberapa waktu lalu Ahok meluncurkan bus Trans Jakarta yang ramah untuk para difabel.Tapi sepertinya ya belum benar-benar menyeluruh di semua sarana umum.

Yang ada hanya khayalan,negeri ini lebih baik sarana dan prasarana umumnya…
 
Entah kapan…
Foto Sumber : Google

No comments:

Post a Comment