Friday 16 June 2017

Tips Dan Resep Sehat Kala Ramadhan



Marhabban Ya Ramadhan…Bulan yang dinantikan para muslim dan muslimah sedunia dimana di bulan nan suci ini limpahan pahala menanti.Selain persiapan untuk ibadah,kita juga harus mempersiapkan fisik secara sebulan lamanya akan  berpuasa dan tetap menjalani aktifitas keseharian sebagaimana biasanya.
Biar tak gampang lelah dan tetap bersemangat puasa,mari kita praktekkan beberapa tips yang disarankan para pakar kesehatan yang dinukil dari www.cermati.com berikut ini :

1.Banyak minum air putih dan makanan yang berserat.Memperbanyak asupan makanan yang mengandung serat seperti sayur-mayur dan buah-buahan akan membuat kenyang lebih lama. Sebab, kandungan serat di dalam buah dan sayur akan membantu penyerapan karbohidrat secara bertahap pada tubuh sehingga efek kenyang lebih lama dan hasilnya, energi Anda tidak mudah berkurang.Usahakan untuk tidak terlalu memakan banyak makanan yang mengandung banyak gula, karena itu bisa membuat lemas dan mudah haus pada siang hari. Selain itu, ketika menjelang imsak perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi di siang hari.Terapkan pola 2-4-2 dalam mengkonsumsi air putih ketika bulan puasa. Rinciannya: 2 gelas saat sahur, 4 gelas ketika berbuka dan 2 gelas sebelum tidur.

2.Mengkonsumsi multivitamin. Berpuasa tentu jumlah asupan makanan dan minuman yang biasa diserap oleh tubuh Anda akan semakin berkurang daripada biasanya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengkonsumsi multivitamin sebagai asupan tambahan untuk mencukupi kebutuhan asupan tubuh, hal ini agar tubuh tidak mudah lemas dan cepat lelah. Konsumsi vitamin setelah santap sahur dan setelah santap berbuka puasa.

3.Mengatur pola tidur.Tak dipungkiri pola tidur akan banyak berubah selama Ramadhan,karena aktifitas beribadah biasanya meningkat.Jadi kondisikan tubuh tetap fit.

4.Mengatur makan tidak berlebihan disaat berbuka.Hindari makan kenyang disaat berbuka, karena memakan makanan yang banyak mengandung banyak karbohidrat dan lemak saat berbuka puasa, hal itu akan membuat Anda lemas dan mengantuk. Hal ini selain tidak baik untuk kesehatan karena berpotensi menyebabkan sakit perut, tentu saja akan membuat berat badan Anda cepat naik dan melewatkan ibadah penting.Sebaiknya makan berat setelah sholat tarawih.

5.Olahraga ringan.Walaupun sedang berpuasa.tidak menghalangi untuk tetap berolahraga.Olahraga ringan seperti bersepeda santai,yoga atau jalan kaki bisa jadi pilihan.

Resep panganan sehat dan praktis disaat berbuka;
Banana Oat Pancake
Bahan :
2 pisang raja atau sunpride
2 cangkir oat instant
4 sdm keju parut
1 sdt baking powder
1/2 sdt vanilli bubuk
1 sachet susu kental manis
air secukupnya

Topping :
coklat atau sesuai selera ( madu,buah dll ) 

Cara membuat :
1.Blender halus oat bersama pisang dan susu kental yang sudah dicairkan,tambah air tapi jangan sampai adonan terlalu encer
2.Campur adonan oat dengan keju, baking powder dan vanilli,aduk rata
3.Panaskan wajan teflon dg api kecil,masukkan adonan pancake. Tutup dan balik jika pinggiran sudah berubah menjadi kecoklatan.
4.Sajikan pancake dengan topping madu,buah atau coklat


Sumber pinterest
Kalau biasanya disaat berbuka takjilnya kolak atau makanan-makanan bersantan,bisa diminimalisir santannya diganti dengan susu kedelai atau susu non fat dengan variasi menu lain seperti puding jagung,setup buah dengan sedikit gula.Memakan kurma disaat berbuka sebagaimana disunnahkan Nabi juga sangat bagus karena kurma merupakan sumber gula, serat, kalium karbohidrat, dan magnesium  yang bagus mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

Untuk menu utama bisa divariasikan sumber karbohidratnya seperti mengganti nasi putih dengan nasi merah,gandum atau kentang.Karena nasi merah dan gandum akan membuat efek kenyang lebih lama,Sumber protein seperti variasi olahan ikan,ayam,tempe,tahu dan daging semisal tomyam,pepes atau steak.Tak hanya daging bisa dibuat steak,tempe juga bisa.

Steak Tempe
Bahan :
Tempe kukus
Bawang putih yg telah dihaluskan
Garam,Merica bubuk secukupnya
Telur
Tepung terigu
Tepung panir

Bahan Saus:
Kecap,sambal botol
Bawang bombay
Bawang putih
Garam
Tepung maizena yg telah diberi air

Cara membuat :
1.Haluskan tempe kukus,lalu masukkan bawang putih,garam merica,tepung terigu,tepung panir dan telur.
2.Campur dan bentuk pipih
3.Panaskan di loyang yg telah diberi sedikit minyak

Untuk saus: Tumis bawang bombay,bawang putih dan masukkan tepung maizena,garam,saus sambal dan kecap

Lemak bisa dari kacang-kacangan,susu atau yogurt.Sumber serat dari sayur-sayuran dan buah.Olahan buah,sayur serta susu/yogurt yang hits saat ini yaitu“Smoothies”bisa jadi alternatif pilihan menu biar tak membosankan.Ditambah topping kacang-kacangan seperti hazelnut,almond ataupun buah berry dan cherry akan menambah lezat.Ehmm nyummy..



Olahan kentang sebagai sumber karbohidrat  seperti olahan menu berikut ini :
Pizza Kentang Teflon
Bahan:
2buah kentang, kukus, haluskan
2 butir telur uk kecil
1 sdm saus bolognese instant
1sdm saus tomat
2sdm saus sambal
Secukupnya tomat cherry n paprika hijau, potong kotak (optional)
Secukupnya garam, lada, oregano kering
100gr keju mozarella / keju cheddar utk topping

Topping sesuai selera (tumis dengan sedikit minyak) :
stengah bonggol jagung rebus yang telah disuwir
bayam secukupnya
secukupnya daging giling
1/4 bawang bombay,iris

Cara membuat:
1.Kocok lepas telur, beri secukupnya garam, Lada, oregano. Masukkan kentang halus, aduk rata.
2.Siapkan pan anti lengket (20cm), hidupkan api,oles sedikit margarin.
3.Tuang campuran telur kentang, rapikan.Diamkan sebentar agar adonan sedikit mengeras,
4.oleskan semua saos. Beri bahan topping, tabur keju n taburan sedikit oregano di atasnya.
5.Tutup pan, masak dg api kecil hingga matang dan keju meleleh.
 
Sumber sajiansedap.com

Untuk olahan protein bisa dicoba resep praktis seperti salad ikan dan sayur seperti Salad Ikan Salmon dengan bit,tomat dan selada atau olahan praktis lainnya seperti Sushi Burger
Bahan :
Nasi yang dimasak dengan agar-agar
steak ikan salmon dan tenggiri dipotong kecil
nori/rumput laut
tomat dan daun selada
saus sambal dan mayonaise
mangkuk untuk cetakan nasi

Cara Membuat :
1.Cetak nasi di mangkuk seperti bentuk burger
2.Taruh nori dilanjutkan dengan steak ikan diatasnya,daun selada,tomat sambil diselingi diberi saus sambal dan mayonaise
3.Beri nori lagi dan trakhir tutup dengan nasi
Sushi burger siap dihidangkan


 
Sumber Rocketnews24.com
Oiya,saya banyak menggunakan pemakaian teflon dalam memasak untuk meminimalisir pemakaian minyak goreng.Bagi yang mau belanja peralatan dapur seperti wajan teflon,panci dan keperluan lainnya  bisa online di Lazada.Harganya juga variatif sering diskon pula,untuk produk tertentu ada free ongkos kirim dan tidak perlu bermacet-macet ke mall.Tahu kan,jalanan khususnya Jabodetabek selalu padat merayap ditambah pembangunan MRT dan LRT banyak ruas jalan mengalami penyempitan.Belanja online jadi solusi praktis untuk persiapan Ramadhan dan jelang Idul Fitri.
Belanja keperluan rumah tangga jelang Idul Fitri makin mudah



Mari kita persiapkan diri lahir batin,semoga dilancarkan dan diberkahiNya ibadah dan amal perbuatan kita selama Ramadhan ini.Semoga tips dan beberapa resep masakan selama Ramadhan ini bisa menginspirasi dan diaplikasikan sehari-hari.Tak hanya kala Ramadhan kita harus memperhatikan asupan makanan tapi juga setelah Ramadhan seyogyanya kita tetap menjaga pola hidup sehat.




NB :Artikel ini ditulis untuk diikutsertakan dalam Lazada Ramadhan Blogger Contest


Sumber : Sumber tips dan foto dari berbagai sumber di Google
              Video tutorial karya sendiri yang telah tayang di NET Tv

No comments:

Post a Comment