Thursday 1 January 2015

Antara Cinta,Selingkuh dan Curhat ala Asma Nadia




Saat cinta berpaling
dan hati menjelma serpihan-serpihan kecil
Saat prahara terjadi
Saat ujian demi ujianNya terasa terlalu berat untuk ditanggung sendiri
Maka kemana seorang istri harus mencari kekuatan
Agar hati mampu terus bertasbih?

Itulah sepenggal cukilan bait yang terangkum dalam buku berisi berbagai cerita tentang kehidupan rumah tangga berjudul 'Catatan Hati Seorang Istri' karangan Asma Nadia yang sangat menyentuh saya untuk membacanya.

Cinta,selingkuh dan berbagai pergulatan batin seputar itu menjadi tema yang tak asing bagi penikmat cerpen dan novel tanah air.Dari jadul angkatan Balai Pustaka,kita takkan lupa dengan karya-karya sastrawan seperti Marah Rusli dengan Siti Nurbaya sampai angkatan 66 dengan NH.Dini.Dan sampai era tahun 70-80an dengan novel-novel terlaris buah karya Marga T dan Mira W yang sering difilmkan itu.

Walaupun tema yang diusung bisa dikatakan basi dan takkan ada habis-habisnya untuk digali,namun tetap memikat hati khususnya perempuan Indonesia untuk membacanya.Sampai saat ini tak sedikit novelis wanita bermunculan,namun yang tiba-tiba menyeruak adalah nama Asma Nadia.Membaca buku karangannya berjudul Catatan Hati Seorang Istri,ibaratnya saya seperti membaca kolom curhat dan konsultasi rumah tangga yang ada diberbagai tabloid dan majalah wanita.Namun Asma Nadia mengemasnya dengan sangat menyentuh perasaan para wanita,sehingga tanpa sadar sayapun sempat menitikkan air mata.

Seperti yang dinukil dari komentar orang-orang tentang bukunya ini;

Tak ada yang bisa menebak kedalam hati seorang wanita. Dan buku yang ditulis dengan penuh penjiwaan ini akan membuat anda mengerti mengapa wanita bisa tampil begitu kuat dibalik semua kelemahlembutannya. Karena dia adalah malaikat pelindung bagi hati-hati kecil yang dititipkan Allah untuknya. Two Thumbs Up!!! (Monica Oemardi)

- "I am greatly impressed by this young energetic writer Asma Nadia, who writes with conviction. With simple plot and elegant prose, she instantly appeals to the
reader with rare sensitivity and intensity. Asma writes from her heart with passion, compassion and concern. She gives voice to the voiceless. She knows her characters well and writes with intimacy and insight. Her enthusiasm and social concerns are infectious." Nemichandra, Indian Writer

- Dalam buku ini Asma Nadia bukan sekadar bercerita tentang perasaan dan tragedi perempuan, namun juga menyampaikan hal-hal yang tidak kita sangka dan bahkan lebih aneh dari fiksi secara amat menyentuh. (Helvy Tiana Rosa)

- The conditions under which some Indonesian women are put, as described by Asma Nadia, are really harsh and I felt pain. I was also deeply moved by the writer's warm heart for the female characters in the stories, as well as her deliberate attitude to deal with the subjects. This is hope, in my opinion. We are human beings before we are artists, before we are men or women, before we are Asians. In the other words, we are Asians in the sense that we start from our own
reality and we are women in the sense that we will not shut our eyes from the pain around us. ( Oh'Soo Yeon, Korean novelist)

Sampai-sampai saya penasaran siapakah gerangan wanita ini,yang begitu membuat pembacanya tercabik-cabik hatinya dan telah membuat cerita yang ber'darah-darah'.Ternyata telah banyak buku yang dihasilkannya dan hampir semuanya berbau Islami.Melalui Lingkar Pena pimpinannya yang berpusat di Depok,Asma telah menerbitkan berbagai macam bacaan.Bahkan Asma telah meraih penghargaan MASTERA (Majelis Sastra Asia Tenggara) dan Pena Award.

Pada buku Karenamu Aku Cemburu-Curahan Hati Seorang Istri kembali Asma mengulang lanjutan pergulatan batin perempuan.Walau Asma disini hanya menyumbang coretan lewat puisi-puisinya yang sangat menyentuh kalbu,namun cerita-cerita yang 'dalam' dihadirkan lewat penulisan yang santai,segar dan bahasa yang agak gaul.Seperti pada covernya Asma berucap," Maka biarkan aku cemburu hanya pada detik aku merasa Allah pun tengah cemburu padamu "... Dalam banget ....   

Buku lain karyanya berjudul Cinta Laki-laki Biasa juga sangat menggugah hati.Bercerita tentang seorang wanita cantik yang 'mau-mau'nya menikah dengan seorang laki-laki biasa, yang pastinya pula ditentang oleh semua anggota keluarganya.Laki-laki 'biasa' dalam pekerjaan,latar belakang keluarga dan sekolahnya.Namun dalam klimaksnya saat melahirkan anaknya yang ke-3,sang istri mengalami koma dan akhirnya lumpuh.Tapi sang lelaki biasa ini tetap setia menemani sampai anak-anak mereka beranjak dewasa.

Atau bisa disimak juga karya lainnya berjudul Istana Kedua yang temanya agak beda dari novel-novel biasanya.Seorang gadis yang menyebarkan email hanya untuk menjadi istri parttimer.Tak perlu kunjungan rutin bahkan tunjangan bulanan.Tapi hanya perlu status sebagai istri ke-2 yang sah.

Yang cukup menggelitik adalah bukunya yang berjudul Saat Aa' Menikah Lagi.Mengangkat social issue tentang poligami yang dilakukan Aa' Gym beberapa waktu lalu.

Dan yang pasti Asma Nadia adalah suara hati wanita Indonesia.Mengemas cinta,selingkuh,poligami dan curhat dengan apik.Membawa ketegaran dan polemik batin wanita dalam kejujuran kata-kata dan puisi yang membuat jiwa teriris sendu.Teruslah berkarya Asma...

Telah kutinggalkan cemburu
di sudut kamar gelap
telah kuhanyutkan duka
pada sungai kecil yang mengalir dari mataku

telah kukabarkan lewat angin gerimis
tentang segala catatan hati
yang terhampar di tiap jengkal sajadah
dalam tahajud dan sujud panjangku        -by Asma Nadia, 2007-    



Depok,08 Nov'07-saat malam menjelang _revisi 2 Jan’15
PS : Akhirnya novel Asma Nadia ini disinetronkan juga dengan rating yg tinggi…

11 comments:

Haruka said...

Makasih kak artikel nya

vivi sanusi said...

masama haruka...tq yaa dah mampir di blog saya

Unknown said...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU SUKMA Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
500 JT saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan AKI SAKTI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 HARI
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI sakti
kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 2Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi Aki Sakti DI NOMOR 085_242_421_477
agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi Aki Sakti pasti akan di bantu Oleh Beliau

Friskaluxma said...

ngefans Asmanadia

vivi sanusi said...

tulisan inisaya tulis jauh sblm novel2 beliau difilmkan n disinetronkan.pas awal baca bukunya dah feeling bakal hits...thanks yaa dah mampir ke blog saya,mbak

Aisyah said...

Asma Nadia my inspiration

yatiehasan-albanna said...

saya sangat ngefans sama mbak Asma Nadia, bisa minta info blog mba Asma Nadia kah, saya ingin bergabung dengan beliau

vivi sanusi said...

thanks mbak aisyah dah mampir ke blog saya...

vivi sanusi said...

mbak yatie,saya taunya instagram beliau @asmanadia,bisa difollow bnyk info kegiatan beliau disana...thanks yaa mbak,dah mampir di blog saya

tantiatia said...

INGIN CEPAT JADI JUTAWAN YUK MARI GABUNG SEKARANG JUGA

KharismaPokerMenjadiSitusBandarQOnlineTerprcayaIndonesia
Promo yang diberikan :
Minimal DP dan WD Rp. 20.000.
Support bank lokal : BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan DANAMON.
Bisa dimainkan di iPhone, Android, PC / Laptop.
Online 24 jam setiap hari meskipun hari libur nasional.
Link Alternatif Kharismapoker :
www.khpk288.net
www.kharismapkr.com
www.kharismaqiu.com
CS nya yang ramah , siap melayanani anda 24 jam
Bonus REFERRAL 20% setiap minggunya (seumur hidup)
Bonus CASHBACK 0.3- 0,5% setiap hari
Contact resmi kharismaPoker :

Telp :+85588278896
BBM;dc7cdd80
WA: +85588278896

Sawitri_fastabiqulkhairot said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, maaf kak mau tanya, tahu nama blog asma Nadia?
Jazakillahu Khoir kak sebelumnya

Post a Comment