Saturday 3 January 2015

Ibu,Sahabat dan Aku...


Perhatikan Kulihatkan Semua yang pernah ada 'kan kutaruhkan Perasaan kuberikan Tak sedikit pun waktu 'kan kutinggalkan Kuserahkan Semua yang kau minta 'kan ku penuhi Ku bertahan Hanya disaat bunda di sisiku Maha Besar Kau telah berikanku hidup Dia segalanya di hidupku ( Bunda – Geisha )
Ribuan kilo jalan yang kau tempuh Lewati rintang untuk aku anakmu
Ibuku sayang masih terus berjalan Walau tapak kaki penuh darah penuh nanah
Seperti udara kasih yang engkau berikan Tak mampu ku membalas . . Ibu ( Ibu – Iwan Fals )


Baru saja kita melewati tanggal 22 Desember yang kita peringati sebagai Hari Ibu.Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta.Peristiwa itu dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia. Pemimpin organisasi perempuan dari berbagai wilayah se-Nusantara berkumpul menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib kaum perempuan.

Kini, Hari Ibu di Indonesia diperingati untuk mengungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu, memuji ke-ibu-an para ibu. Berbagai kegiatan pada peringatan itu merupakan kado istimewa, penyuntingan bunga, surprise party bagi para ibu, aneka lomba masak dan berkebaya, atau membebaskan para ibu dari beban kegiatan domestik sehari-hari.

Apa yang bisa kita berikan untuk ibu? Saat kecil hingga dewasa kita selalu berada disisinya,diasuh dan dididik hingga bertumbuh dengan baik.Kadang jarak dan waktu yang ada membuat kita jauh darinya serta kasih sayangnya.Apapun kata pepatah kasih ibu sepanjang jalan,kasih anak sepenggalan...Cintailah ibumu seperti diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,"Barangsiapa yg ingin dipanjangkan umurnya dan ditambah rezekinya,berbuat baiklah kepada orangtua dan hubungkanlah tali silaturahmi.""Orangtua adalah pintu surga paling tengah,jika engkau mau,abaikan pintu itu atau engkau menjaganya."
Miris kalau menyaksikan tayangan di televisi  akhir-akhir ini,banyak anak yang menggugat orang tuanya.Hanya karena terlena akan harta dan nafsu duniawi semata.Malin Kundang di abad milenia.Orang tua yang seharusnya di sisa-sisa umurnya kita bahagiakan,ini malah jadi pesakitan di kursi pengadilan.Terlalu…

Dan persahabatan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial.Sahabat akan menerima kita apa adanya,adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.

Nilai yang terdapat dalam persahabatan seringkali apa yang dihasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan secara konsisten:kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain. simpati dan empati.kejujuran, barangkali dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk mengucapkan kebenaran. Seringkali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong. Dibandingkan dengan hubungan pribadi, persahabatan dianggap lebih dekat daripada sekadar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antar kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda-beda. Bagi banyak orang, persahabatan dan hubungan antar kenalan terdapat dalam kontinum yang sama.Just a friend are for...

Ibu,sahabat dan aku...mewarnai kehidupanku
Soulmate terindah yang kupunya
Menerima aku apa adanya...
Tangis,tawa,sedih dan luka lara kami lalui bersama...

Seperti SMS yang masuk ke HPku kemarin mengatakan,Friendship is not a two way road,it's a one way road travelled by two people together hand in hand.If all my friends were to jump from a bridge,wouldn't jump with them.I would be at the bottom to catch them....

Kita berlari dan teruskan bernyanyi Kita buka lebar pelukan mentari
Bila ku terjatuh nanti, kau siap mengangkat aku lebih tinggi
Seperti pedih yang telah kita bagi Layaknya luka yang telah terobati
Bila kita jatuh nanti... kita siap 'tuk melompat lebih tinggi
Bersama kita bagai hutan dan hujan Aku ada kar'na engkau telah tercipta
Sebelum waktu memisahkan detikku, detikmu
Sebelum dewasa, menua, memisahkan kita,
Degupan jantung kita akan s'lalu seirama
Bila kau rindu aku… ( Melompat Lebih Tinggi – Sheila on 7 )

Depok,22Nov'07---revisi 2 Jan’15
makasih mamaku tersayang...
makasih sahabatku yang tlah 25 tahun bersamaku dlm segala cuaca...
I love u all...

No comments:

Post a Comment